Breaking News

Xiaomi Luncurkan HyperOS: Pengganti MIUI di 2024 dengan Fitur Baru


Xiaomi, perusahaan teknologi terkemuka asal Tiongkok, telah memulai peluncuran global dari HyperOS, sistem operasi baru yang dirancang untuk menggantikan MIUI. HyperOS ini pertama kali diluncurkan untuk Xiaomi 13T Pro versi Eropa. Pembaruan ini dilakukan melalui over the air (OTA) dengan ukuran sebesar 5,8GB. Setelah pembaruan, versi sistem operasi akan berubah menjadi 1.0.3.0.UMLEUXM. Meski merupakan sistem operasi baru, HyperOS ini masih berbasis Android, tepatnya Android 14.

Sebelumnya, Xiaomi telah merilis HyperOS ke delapan perangkat secara global. Kini, mereka mengumumkan bahwa gelombang kedua pembaruan ini akan mencakup 80 perangkat tambahan. Dengan demikian, totalnya menjadi 88 perangkat, baik ponsel maupun tablet, yang akan mendapatkan HyperOS.

Meski dalam daftar changelog terlihat banyak sekali pembaruan yang disertakan, namun secara tampilan dan fitur tampaknya HyperOS ini masih sangat mirip dengan MIUI. Bahkan, beberapa pihak berpendapat bahwa pembaruan ini masih cocok jika diberi nama MIUI 15 atau bahkan MIUI 14.5. Namun, Xiaomi menegaskan bahwa HyperOS adalah sistem operasi yang sepenuhnya baru dan mungkin saja ke depannya Xiaomi bisa memberikan perubahan yang lebih signifikan terhadap HyperOS.

HyperOS ini dirancang untuk memberikan optimasi performa pada perangkat. Efisiensi daya dan kestabilan sinyal juga ditingkatkan. Salah satu perubahan yang cukup besar terdapat pada tampilan lock screen yang bisa dikustomisasi besar-besaran dengan berbagai efek dan tampilan. Beberapa ikon di home screen dan tampilan antarmuka multi window pun mendapat pembaruan.

Xiaomi juga menyebut bahwa setiap foto bisa disulap seperti layaknya poster karya seni untuk lock screen, yang juga diberikan berbagai efek dan dynamic rendering. Sementara itu, notifikasi akan ditampilkan sesuai tingkat kepentingannya, dan ditampilkan dengan cara yang efisien. Mereka pun menyebut menggunakan teknologi rendering buatannya sendiri untuk menampilkan konten visual yang mulus dan nyaman dipakai di semua bagian sistem.

Pembaruan ini diperkirakan akan dilakukan antara bulan Januari hingga Juni 2024. Namun, tanggal spesifik untuk setiap perangkat mungkin akan berbeda, karena pembaruan akan dilakukan secara bertahap.

Berikut adalah daftar lengkap perangkat yang akan mendapatkan pembaruan HyperOS:

Xiaomi: Mi Mix Fold, Xiaomi Mix 4, Xiaomi 12S Ultra, Xiaomi 12S Pro, Xiaomi 12S, Xiaomi 12 Pro Dimensity, Xiaomi 12 Pro, Xiaomi 12, Xiaomi 12X, Xiaomi 11 Ultra, Xiaomi 11 Pro, Xiaomi 11, Xiaomi 11 Lite 5G NE, Xiaomi 10S, Xiaomi 10 Ultra, Xiaomi 10 Pro, Xiaomi 10, Xiaomi Civi 3, Xiaomi Civi 2, Xiaomi Civi 1S, Xiaomi Civi.

Redmi: Redmi K60E, Redmi K50 Ultra, Redmi K50 Gaming, Redmi K50 Pro, Redmi K50, Redmi K40S, Redmi K40 Gaming, Redmi K40 Pro+, Redmi K40 Pro, Redmi K40, Redmi Note 13 Pro+ 5G, Redmi Note 13 Pro 5G, Redmi Note 13 5G, Redmi Note 13R Pro, Redmi 13R 5G, Redmi Note 12 Turbo, Redmi Note 12T Pro, Redmi Note 12 Pro speed edition, Redmi Note 12 Pro+ 5G, Redmi Note 12 Pro 5G, Redmi Note 12 5G, Redmi Note 12R Pro, Redmi Note 12R 5G, Note 12R, Redmi 12 5G, Redmi Note 11T Pro, Redmi Note 11 Pro, Redmi Note 11T Pro+, Redmi Note 11 Pro+, Redmi Note 11 5G, Redmi Note 11R, Redmi Note 11E Pro, Redmi Note 11E, Redmi 12C.

Tablet: Xiaomi Pad 5 Pro 12.4, Xiaomi Pad 5 Pro SG, Xiaomi Pad 5 Pro, Xiaomi Pad 5, Redmi Pad SE, Redmi Pad.

Dengan peluncuran HyperOS ini, Xiaomi berharap dapat memberikan pengalaman baru bagi penggunanya dan terus berinovasi di ranah teknologi. Harap dicatat bahwa informasi ini dapat berubah seiring waktu dan pembaruan sistem operasi biasanya dilakukan secara bertahap untuk memastikan stabilitas dan kinerja optimal. Selalu periksa pembaruan sistem di perangkat Anda secara berkala untuk mendapatkan pembaruan terbaru.

Xiaomi HyperOS, MIUI, Xiaomi 13T Pro, Pembaruan HyperOS, Sistem Operasi Xiaomi#XiaomiHyperOS #MIUI #Xiaomi13TPro #PembaruanHyperOS #SistemOperasiXiaomi

No comments