Breaking News

Cara Mengatasi Kartu Smartfren 4G LTE Tidak Bisa Telepon dan SMS

UPDATE: Smartfren per 22 Desember 2021 masih belum memberikan support SmartVoLTE bagi Android 10. Oleh karena itu pastikan anda tanya terlebih dahulu ke CS Smartfren perihal smartphone dengan Android 10 keatas yang ingin anda beli. 

Solusi lebih mudahnya pastikan membeli smartphone dengan garansi resmi dan bukan rekondisi/refurbished/docomo/semacamnya. Saya pribadi menggunakan smartphone refurbished tetapi karena saya punya ilmu oprek smartphone, tanpa SmartVoLTE pun, smartphone Android 10 saya bisa menelpon/terima telpon serta mengirim sms/menerima sms. 

Sayangnya setiap smartphone memiliki metode oprek yang berbeda-beda, maka dari itu tidak ada gunanya apabila saya berbagi metode yang spesifik hanya untuk smartphone saya sendiri untuk menyelesaikan masalah ini.

Catatan: Tutorial ini dulu dibuat sewaktu saya masih menggunakan smartphone dengan Android 6.0, yang dimana berada dalam support SmartVoLTE.



Jadi beberapa hari yang lalu waktu saya update software smartphone, terus waktu update itu sekalian saya wipe all data hape. Setelah udh berhasil diupdate. Saya langsung donlot-donlot lagi app-app sosmed saya yang penting, WA sama LINE. Tapi waktu mau ngetik kode verifikasi, gak ada sms yang masuk dan via call juga gak bisa. Saya coba-coba lagi apa ini jangan-jangan... Ya betul perkiraan saya, gak bisa buat/terima telpon dan kirim/terima sms. Simcard yang saya pake itu dari smartfren. Padahal jaringan internet smartfrennya gak ada masalah dan sinyal juga lumayan tiga batang LTE. Otomatis saya bingung, heran, dan panik kan kenapa tau-tau begini.



Saya udah cari berbagai macam solusi. Ada yang bilang kalo settingan jaringannya ganti ke LTE-only. APNnya ganti begini begitu. Downgrade software HPnya. Hard reset HPnya. SMSC pake ini itu terus gini gitu.

Semua itu udah saya coba dan naasnya gak ada yang work. Kemudian saya mutusin untuk tanya langsung lewat dm twitter smartfren. Dan mereka bilang :



Nah, akhirnya saya coba donlot tuh dan tiba2 sms-sms yang isinya kode verifikasi langsung masuk semua dan udah bisa buat terima telepon. Mantap lah, akhirnya customer servicenya bisa membantu juga. Saya bilang begitu karena sebelum-sebelumnya mereka gak nemu solusi dari masalah hp saya.

Nah jadi caranya setelah udah donlot aplikasi SmartVoLTE tadi... sebelum masuk ke step-step pastikan APN udh tersetting. Kalo belum begini caranya (untuk yang pake Xiaomi, karena hape saya itu) :



Settingan APNnya :

Name : Smartfren4G
APN : smartfren4g
Username : smartfren
Password : smartfren

Nah, sekarang masuk ke tahap-tahapnya :


  1. Pastiin jaringannya ganti ke data seluler dulu, kalo nyambung ke wifi disconnect dulu. 
  2. Buka aplikasi SmartVoLTE. Tinggal Agree dan tunggu sampe terkonfigurasi.
  3. Nanti begitu masuk ke appnya nanti langsung muncul tulisan "TSM Initialized" dan tap gambar tiga titik di pojok kanan bawah, liat tulisan paling atasnya "Register" atau "Unregister".
  4. Kalo tulisannya "Register" berarti sampean gak ngikutin step 1. Kalo di saya sih percuma mau tap "Register" berkali-kali, gak bakal ngefek kalo gak ngikutin step 1. Sampean harus buka ulang dulu appnya. 
  5. Nah, Kalo tulisannya "Unregister" berarti udah teregistrasi dan udah bisa dipake telpon sama sms.

Bagi yang masih memiliki kendala dalam menggunakan SmartVoLTE, kunjungi artikel Cara menggunakan SmartVoLTE untuk Telepon dan SMS

Baiklah sekian dan terimakasih.
Semoga infonya bermanfaat dan sampai jumpa di postingan selanjutnya.
Hasta la vista.

72 comments:

  1. Gan, itu versi smart volte nya berapa ya, soalnya permasalahan kita sama gan

    ReplyDelete
    Replies
    1. Saya pernah download smart volte tp batre jd boros bgt kapookkk deh

      Delete
  2. sudah dowload smartvolte juga belum bisa gan..apa ada solusi lainya

    ReplyDelete
  3. saya sudah download SmartVoLTE. hp saya redmi note 3. tp tidak bsa menerima sms. saya sudah coba solusi diatas tp tidak tdk bisa gan.

    ReplyDelete
  4. mantapp min sudah bisa pakek buat nelpon sekarang, setelah donwload smartVolte nya tipe hp saya zenfone 3 laser.. terimakasih/salam

    ReplyDelete
  5. Nelpon sih udh bisa.. tapi nerima telpon gabisa knp ya gan?

    ReplyDelete
    Replies
    1. hp ente apa gan ?
      di redmi note 4 ane kalo bisa nelpon harusnya bisa nerima telpon juga begitu juga kalo sms.
      Pastikan aplikasi smartvoltenya gk diclose ya dan untuk nelpon & sms dilakuinnya di smartvolte langsung karena aplikasi bawaan hp gk akan bisa dalam kasus ini.

      Delete
    2. bkn "harusnya" tp sudah pasti kalo bisa nelpon pasti bisa nerima telpon maksud ane

      Delete
  6. yessssss..aqirnay gak perlu double2 kartu.makasih

    ReplyDelete
  7. Kalo aku masalahnya dari nelpon nya kak, kalo buat telfon gak bisa padahal ada gratisan yang lumayan banget gak dipake
    Itu kenapa yaa mohon sarannya

    ReplyDelete
  8. ka ?
    aku uda dowload tapi loadingnya lama bangat,emang lama bgni yha ?

    ReplyDelete
    Replies
    1. harus sambil diconnect-in ke wifi atau pinjem hotspot. Kalo lama, berarti gk ada koneksi di hpmu.

      Delete
  9. Gabisa gan ane gagal gagal mengaktivasi akun bacaannya di samrvoltenya

    ReplyDelete
    Replies
    1. coba sambil dikonekin ke wifi atau hotspot dari orang lain atau hapelain pas ngebuka smartvolte

      Delete
  10. Kenapa saat saya sudah mengikuti langkah"ny masih saja saya tidak bisa menerima panggilan,selalu katanya nomor saya sibuk?please just give me Solution

    ReplyDelete
  11. Kenapa saat saya sudah mengikuti langkah"ny masih saja saya tidak bisa menerima panggilan,selalu katanya nomor saya sibuk?please just give me Solution

    ReplyDelete
    Replies
    1. Aplikasi smartvolte nya biarkan terbuka dan tetep jalan di background, dan satu hal lg di notification bar harus ada balon notifikasi SmartVolte "Connected to 4G"

      Delete
  12. Mantul Joss.. Kendala hampir 6 bulan dan ane biarin aja karna ada no telkomsel yg lain.. Tapi berhubung ane taro no ini di lamaran krja ahir ya coba2 tanya dan dapat referensi... Jos ini apk smartvolt ok... Jadi bisa trima dan tlvon... Thx min artikel nya

    ReplyDelete
  13. Udh donwload smartvolte tetep gak bisa gan
    Hp redmi 6 pro
    Mui global 9

    ReplyDelete
    Replies
    1. kayaknya perlu buat artikel cara gunain smartvolte nih ane

      Delete
  14. Saya udah download ka,itu bisa digunakan kalo data aktif aja ka? Soalnya saya coba datanya dinonaktifkan tetep aja gabisa nelfon. Soalnya saya mau yg bisa nelfon atau sms yg bisa tanpa data ka.

    ReplyDelete
  15. Klo buat redmi note 2 bisa gak gan

    ReplyDelete
  16. Saya udah douwlod tapi buka kataya akuyangga cocok kenapa itu. .

    ReplyDelete
    Replies
    1. Kan ada tulisan aktifkan pas saya pencet ada tulisan kami tida bisa mencocokan akun anda

      Delete
    2. coba dikontak langsung pihak smartfrennya, saya pribadi belum pernah mengalami seperti ini.

      Delete
    3. Nah iya, saya juga gini, bingung juga

      Delete
  17. Replies
    1. sama2, senang bisa membantu :)

      Delete
    2. Hp ku Lenovo k4 note..UD di instal Smartfren VoLTE nelp masuk ..cuma kita bisa denger suara yg nelp tetapi suara kita tidak kedengaran am org lain..n solusinya

      Delete
    3. Hp ku Lenovo k4 note..UD di instal Smartfren VoLTE nelp masuk ..cuma kita bisa denger suara yg nelp tetapi suara kita tidak kedengaran am org lain..n solusinya

      Delete
  18. Oo ternyata in masalahnya.. :)
    Thanks to mimin..

    ReplyDelete
  19. Hp ku Lenovo k4 note..UD di instal Smartfren VoLTE nelp masuk ..cuma kita bisa denger suara yg nelp tetapi suara kita tidak kedengaran am org lain..cmn solusinya..mhn bantuannya

    ReplyDelete
  20. Kalau make buat internet doang butuh nik kk ga?

    ReplyDelete
  21. Replies
    1. Aq udah Coba cara diatas,
      Tpi Gak bisa.

      Setelah aku Aktifkan Simcard di Hp Hanya 1 yaitu Smartren dan aku buka aplikasi SmartVoLTE, baru bisa masuk dengan Mudah.

      Langkah diatas sudah benar,
      Biar lebih mudah, SImcard di Hp yg aktif hanya Smartfren aja.
      Pasti berhasil.
      Saya pengguna Asus Zenfone Selfi.

      Delete
  22. gan sya udh dwnld smrtvolte kq ga bs rsgtrsi msk ke app nya ya

    ReplyDelete
  23. Aku malah ngga bisa ngaktifinnya di SmartVolte. Pas aku aktifin, memprovisioningnya gagal, ga bisa mencocokkan akun anda katanya. Itu gimana ya

    ReplyDelete
    Replies
    1. Coba sambil dikonekin ke wifi atau hotspot. Saya pribadi blm pernah ngalamin, jd kurang paham jg solusinya bagaimana kalo itu terjadi.

      Sekadar info, hp saya Xiaomi Redmi Note 4. Pada dasarnya sudah support signal band yg dimiliki jaringan smartfren 4G LTE. Dan sekarang pun di versi firmware/ROM Xiaomi yg terbaru SmartVOLTE sudah tidak diperlukan (kecuali utk mengirim (bukan menerima) pesan via fitur SMS, biasanya memang harus melalui SmartVOLTE).

      Delete
  24. Trimakasih sangat membantu, sempet gak bisa karena ada sim (lain jaringan) yang aktif, terus tak coba matikan akhirnya bisa, trimakasih

    ReplyDelete
  25. Hp oppo f9 sm nih ga bisa trima tlp&pngglan keluar knp ya gan

    ReplyDelete
  26. Hp vivo gak bisa buat telpon. Selalu jaringan sibuk. Buat sms bisa

    ReplyDelete
  27. xiaomi redmi 4a tetep gabisa nelfon gan, udah nelfon di app nya padahal.. mohon pencerahannya

    ReplyDelete
  28. Apa harus on terus tuh aplikasi smart voltenya?? Klo wajib on brrti susah juga nanti terima telpon kalau paket data abis

    ReplyDelete
    Replies
    1. On terus di background. Asalkan notif "Connected to 4G" masih ada, tetep bisa nelpon.

      Delete
    2. Gk wajib "Connected to 4G" juga, kalo "Connected to Wifi" juga tetep bisa buat nelpon. Udh dicoba app nya ?

      Delete
  29. Nomor yg terterar di aplikasi smartvolte kok beda sama nomor smartfren ane ya

    ReplyDelete
  30. Saya tiap mau nelp nomor yang mana aja GK bisa kak semua nomor yang di telp pasti sibuk,cara ngatasinnya gimana ya ?
    Agar bisa nelp lagi kemarin sudah bisa,tapi akhir" ini enggak bisa lagi
    Hp saya Xiaomi resmi not 4

    ReplyDelete
    Replies
    1. Solusi paling ampuh itu update ke MIUI 10 gan/sis.
      Di Settings > SIM Cards and Mobile Networks MIUI 10 ada opsi VoLTE Enabled.
      Kalo diaktifin gk perlu SmartVoLTE lg malah.

      Delete
  31. Min punya aye belom bisa,malah kata temen yg telfon katanya no.ku sementara diblokir hp aye vivo v5

    ReplyDelete
  32. Ka,klo aku permasalahannya beda, setiap aku buka apknya, selalu ada bacaan "non aktifkan, Anda perlu mengaktifkan kembali aplikasi. ini bisa jadi karena Anda telah menginstal aplikasi ini di perangkat lain menggunakan SIM yang sama" trus aku cpot sma intal lg ttep kya gtu trus

    ReplyDelete
  33. Min kalo internetnya lemot itu kenapa ya ? Padahal kartu smartfren sya yg dulu bisa sampe 4-5 mbps ,apa ada setinggan yg salah apa begimana ?

    ReplyDelete
  34. Alhamdulillah cara ini work. Makasih banyak yaaaa

    ReplyDelete
  35. Kak kalo pengguna iphone bgaimna yah?soalnya smartvolte gak ada di appstore

    ReplyDelete
  36. Gan kenapa gak boleh nyambung wifi

    ReplyDelete
  37. Terima kasih banget. Saya sudah bisa terima telpon.
    Blog yang sangat2 bermanfaat.
    Makasih.

    ReplyDelete
  38. Kartu smartfren saya bisa sms, tapi ga bisa nelpon. Kalau ada yang telpon pun ga ada notif da ga masuk, itu gimana ya kak?

    ReplyDelete