Breaking News

Sundar Pichai: Perjalanan Inspiratif Sang CEO Google dan Alphabet Inc.


Sundar Pichai, lahir pada 10 Juni 1972 di Madras (sekarang Chennai), Tamil Nadu, India, adalah seorang eksekutif berkebangsaan Amerika kelahiran India yang menjabat sebagai CEO Google, Inc. (2015– ) dan perusahaan induknya, Alphabet Inc. (2019– ).

Pichai tumbuh besar di Madras, tidur bersama saudara laki-lakinya di ruang tamu rumah keluarga yang sempit. Namun, ayahnya, seorang insinyur listrik di perusahaan multinasional Inggris GEC, memastikan kedua anaknya mendapatkan pendidikan yang baik. Sejak usia dini, Pichai menunjukkan minatnya pada teknologi dan memiliki ingatan yang luar biasa, terutama untuk nomor telepon. Setelah meraih gelar dalam bidang metalurgi (B.Tech., 1993) dan medali perak di Indian Institute of Technology Kharagpur, ia mendapatkan beasiswa untuk belajar di Stanford University (M.S. dalam bidang teknik dan ilmu material, 1995). Setelah itu, ia tetap tinggal di Amerika Serikat, bekerja sebentar untuk Applied Materials (sebuah pemasok bahan semikonduktor) dan kemudian meraih M.B.A. (2002) dari Wharton School of the University of Pennsylvania.

Setelah bekerja sebentar di firma konsultan manajemen McKinsey & Co., Pichai bergabung dengan Google pada tahun 2004 sebagai kepala manajemen dan pengembangan produk. Ia awalnya bekerja pada Google Toolbar, yang memungkinkan pengguna peramban web Microsoft Internet Explorer dan Mozilla Firefox untuk mengakses mesin pencari Google dengan mudah. Selama beberapa tahun berikutnya, ia terlibat langsung dalam pengembangan peramban Google sendiri, Chrome, yang dirilis ke publik pada tahun 2008. Pada tahun yang sama, Pichai diangkat menjadi wakil presiden pengembangan produk, dan ia mulai memainkan peran publik yang lebih aktif. Pada tahun 2012, ia menjadi wakil presiden senior, dan dua tahun kemudian ia diangkat menjadi kepala produk untuk Google dan sistem operasi smartphone Android.

Pada tahun 2011, Pichai dilaporkan dikejar-kejar oleh layanan microblogging Twitter untuk dipekerjakan, dan pada tahun 2014 ia disebut-sebut sebagai calon CEO untuk Microsoft, tetapi dalam kedua kasus tersebut ia diberikan paket finansial besar untuk tetap bersama Google. Ia juga dikenal telah membantu menegosiasikan kesepakatan Google senilai $3,2 miliar untuk mengakuisisi Nest Labs pada tahun 2014. Oleh karena itu, ketika pendiri Google, Larry Page dan Sergey Brin, mengumumkan pembentukan Alphabet Inc., pada Agustus 2015, tidak mengherankan bagi para pengamat industri bahwa Pichai ditunjuk sebagai CEO Google, yang direorganisasi sebagai anak perusahaan. Pada Desember 2019, ia juga ditunjuk sebagai CEO Alphabet, menggantikan Page, yang mundur.


Sundar Pichai, CEO Google, CEO Alphabet Inc., Karir Sundar Pichai, Biografi Sundar Pichai #SundarPichai #Google #AlphabetInc #KarirSundarPichai #BiografiSundarPichai

No comments