Breaking News

V-Class 5 - Pre-test Integritas Data

Soal :

Salah satu fungsi pada DBMS adalah membuat integritas data, mengapa integritas data penting dalam sebuah sistem basis data. Uraikan dan berikan contoh sederhana!

Jawaban :

Integritas data sangat penting karena dapat memastikan keakuratan, konsistensi, aksesibilitas, dan kualitas tinggi dari sebuah data, sehingga sangat penting untuk mengikuti aturan pengintegritasan suatu data. Secara sederhana dalam istilah bisnis, integritas data adalah jaminan bahwa data konsisten, bersertifikat dan dapat di rujukan.

Contoh :

Dari mekanisme integritas data adalah hubungan parent dan child dengan record terkait. Jika dalam catatan parent memiliki satu atau lebih dari catatan child terkait semua proses integritas, referensi akan ditangani oleh database itu sendiri. Yang secara otomatis menjamin keakuratan dan integritas data sehingga tidak akan ada catatan child bila tanpa adanya parent (atau disebut juga orphan) dan bahwa tidak ada parent kehilangan catatan child mereka. Ini juga menjamin bahwa tidak ada catatan induk dapat dihapus sementara parent memiliki record setiap child. Semua ini ditangani pada tingkat database dan tidak memerlukan coding.